Prodi S3 Ilmu Syariah #1 in Student Quality Service

PRODI S3 ILMU SYARIAH MENEMPATI PERINGKAT PERTAMA

INDEKS KEPUASAN LAYANAN MAHASISWA

Program Studi S3 Ilmu Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menempati peringkat pertama pada survey kepuasan mahasiswa periode semester genap 2020/2021. Dalam laporan survey kepuasan mahasiswa yang dirilis oleh Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 30 Juli 2021, menempatkan Prodi S3 Ilmu Syariah sebagai peraih nilai tertinggi IKM (Indeks Kepuasan Mahasiswa) dengan nilai rata-rata IKM 3,648, dengan mutu layanan A dan kinerja unit pelayanan SANGAT BAIK.

Survey kepuasan mahasiswa merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala, yaitu setiap akhir semester berjalan. Pada setiap akhir semester, mahasiswa diharuskan untuk mengisi kuesioner secara online melalui sistem informasi akademik UIN Sunan Kalijaga, menggunakan akun masing-masing.Teknik pengambilan data pada survei indeks kepuasan mahasiswa dilakukan secara online di lamanhttp://sia.uin-suka.ac.id.

Tujuan dari survey ini adalah untuk mengetahui indeks kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun manfaat kegiatan ini adalah (1) menjadi tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan yang sudah diberikan oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan (2) menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu dilakukan perbaikan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Pelaksanaan pengukuran kepuasan layanan mahasiswa merupakan bagian dari pemenuhan standar akreditasi Progrma Studi 9 kriteria yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan diukur dengan model SERVQUAL (Service Quality) yang terdiri dari lima dimensi yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Berikut dijelaskan definisi dari setiap dimensi kepuasan pada model SERVQUAL:

  1. Tangibles: Dimensi yang tampak, misalnya fasilitas fisik, sarana prasarana, perlengkapan, penampilan pegawai dan dosen.
  2. Reliability: Dimensi mengenai kemampuan memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan baik, akurat dan konsisten.
  3. Responsiveness: Dimensi mengenai kemauan dalam memberikan tanggapan pelayanan dengan cepat dan tanggap.
  4. Assurance: Dimensi mengenai kemampuan atas pengetahuan, kualitas keramahtamahan, perhatian dan sikap.
  5. Emphaty: Dimensi mengenai kemampuan untuk berkomunikasi dan usaha organisasi untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelangganya.

Pengukuran indeks kepuasan civitas akademika mengacu kepada Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kepmen PAN No.25 Tahun 2004. Nilai IKM dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan.

Kualitas/mutu dari kinerja pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelayanan publik dapat dilihat dari penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Katagori Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 dapat dilihat pada tabel sebagai berikut :

Nilai Persepsi

Nilai Interval IKM

Nilai Interval Konversi IKM

Mutu Pelayanan

Kinerja Unit Pelayanan

1

1,00 – 1,75

25,00 – 43,75

D

Tidak Baik

2

1,76 – 2,50

45,76 – 62,50

C

Kurang Baik

3

2,51 – 3,25

62,51 – 81,25

B

Baik

4

3,26 – 4,00

81,26 – 100,00

A

Sangat Baik

Adapun perolehan nilai rata-rata IKM Prodi S3 Ilmu Syariah adalah sebagai berikut:

No

Instrumen

Nilai Akhir

Mutu Layanan

Kinerja Unit Pelayanan

1

Reliability (keandalan)

3,692

A

Sangat Baik

2

Responsiveness (Daya Tanggap)

3,667

A

Sangat Baik

3

Assurance (Kepastian)

3,667

A

Sangat Baik

4

Emphaty (Empati)

3,667

A

Sangat Baik

5

Tangibles

3,545

A

Sangat Baik

RATA-RATA

3,648

A

SANGAT BAIK

Dengan perolehan kinerja pelayanan SANGAT BAIK mendorong Pengelola Prodi S3 Ilmu Syariah untuk bekerja lebih baik, khususnya dalam meningkatkan layanan kemahasiswaan, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Liputan Terkait

Liputan Terpopuler