Kiat Sukses Menjadi Guru Fikih dan Ushul Fikih

KIAT SUKSES MENJADI GURU FIKIH DANUSHUL FIKIH

Kiat sukses menjadi guru fikih dan ushul fikih adalah membaca referensi atau sumber primer yang banyak. Guru juga harus mengenalkan fikih perbandingan kepada para siswa dan mengaitkan pelajaran fikih ushul fikih dengan tarikh tasyri’ atau sejarah hukum Islam. Dengan cara seperti itu, siswa memiliki wawasan hukum Islam yang luas sehingga terbentuk sikap moderat dan menerima perbedaan. Dalam praktiknya, pembelajaran fikih dan ushul fikih harus menggunakan metode dan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Demikian tips yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Agus Moh. Najib, M.Ag, Guru Besar Ushul Fikih, yang juga Dosen Prodi S3 Ilmu Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga, pada kegiatan Webinar Nasional Guru Fikih-Ushul Fikih Madrasah Aliyah. Kegiatan yang bertemakan “Kiat Sukses menjadi Guru Fiqih Menghadapi Abad 21” ini dilaksanakan secara online pada hari, Kamis, 03 Pebruari 2022, mulai pukul 09.00 - 12.00 WIB. Narasumber lain dalam webinar ini adalah Prof. Dr. H. Suyitno, Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam Dirjen Pendis Kementerian Agama RI, sedangkan bertindak sebagai Keynote speaker: Dr. Muhammad Zain, M.Ag (Direktur GTK Madrasah Kemenag RI).

Menurut Prof Agus, guru fikih dan ushul fikih harus mampu membedakan antara syaria dan fikih. Syariah pada dasarnya adalah seluruh ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, baik terkait akidah, akhlak maupun fikih. Syariah ini dibuat oleh al-Syari’ (pembuat syariat, yaitu Allah dan Rasulullah). Namun dalam prakteknya, kata syariah seringkali diidentikkan dengan fikih (makna sempit), seperti fakultas syariah, ekonomi syariah, dan bank syariah. Sedangkan Fikih, secara bahasa berarti pemahaman yang mendalam (al-fahm al-’amiq), merupakan hasil interpretasi para ulama terhadap syariah (Al-Qur`an dan Sunnah Nabi). Fikih ini diformulasi oleh para ulama (fuqaha`), sehingga muncul fikih mazhab Hanafi, fikih mazhab Maliki, fikih mazhab Syafi’i, fikih mazhab Hanbali, fikih mazhab Indonesia, fikih (mazhab) NU, fikih Muhammadiyah, fikih Persis, dan lain-lain.

Di sisi lain, guru juga harus memahami substansi dasar ushul fikih. Ushul Fikih secara bahasa berarti dasar-dasar dari fikih. Dengan demikian, pada dasarnya fikih muncul dan terbentuk melalui ushul fikih. Walaupun secara historis-keilmuan ushul fikih muncul belakangan dibanding fikih, namun para mujtahid (semenjak masa sahabat) secara konseptual pada dasarnya telah menggunakan “ushul fikih” ketika berijtihad.

Ketika melakukan ijtihad, para mujtahid (fuqaha`) menggunakan ushul fikih ini sebagai alat/metode untuk memahami Al-Qur`an dan Sunnah Nabi (syariah) sehingga kemudian menghasilkan fikih. Dengan demikian, ushul fikih merupakan metodologi ijtihad, sementara Al-Qur`an dan Sunnah Nabi adalah sumber ijtihad, serta fikih adalah produk ijtihad. Sementara mujtahid sendiri adalah orang yang melakukan ijtihad.

Hal yang juga penting diketahui dalam pembelajaran fikih dan ushul fikih adalah mengenali sistematika pembahasannya, yang akan dituangkan dalam rencana pembelajaran. Sistematika pembahasan ushul fikih meliputi 4 (empat) hal: (1) Al-Ahkam al-Syar’iyyah (al-hakim, al-hukm al-syar’i, al-mahkum fih, dan al-mahkum ‘alaih); (2) Adillah al-Ahkam (Al-Qur`an, As-Sunnah, Ijma’, ‘Urf, Qiyas, Istislah/maslahah mursalah, Istishab, Istihsan, Sadd adz-Dzariah, Qaul al-Shahabi, dan Syar’u man qablana); (3) Qawa’id al-istinbath (Qawa’id lughawiyyah: ‘am-khas, zhahir-khafi, haqiqah-majaz, dan mantuq-mafhum, dan Qawa’id ma’nawiyyah: maqashid syariah, serta Ta’arudh al-adillah: Al-jam’u wa al-taufiq, tarjih, naskh dan tawaqquf wa intiqal ila dalil akhar); dan (4) Al-Ijtihad wa al-Mujtahid (Pengertian ijtihad-ittiba`-taqlid, syarat-syarat mujtahid, tingkatan mujtahid, macam-macam hasil ijtihad: al-ra’yu/al-fiqh, al-fatwa, al-qadha`, al-qanun).

Sistematika pembahasan Fikih meliputi: fikih ibadah, fikih muamalat, fikih siyasah, fikih munakahat, fikih mawaris, fikih jinayat, fikih murafa’at, dan lain-lain. Apabila dikomparasikan dengan rumpun dan bidang keilmuan kontemporer, maka fikih pada dasarnya tidak saja memuat bidang hukum, tetapi juga bidang politik dan bidang ekonomi. Ekonomi Islam kontemporer, misalnya, tidak saja secara genealogi keilmuan berasal dari fikih muamalat tetapi juga dari fikih siyasah, khususnya siyasah Maliyah, bahkan fikih Ibadah, khususnya mengenai zakat, dan juga fikih wakaf. Oleh karena itu, Ushul fikih sebagai dasar dari fikih pada dasarnya juga merupakan sebuah ilmu mengenai teori dan metodologi yang tidak saja digunakan untuk mengkaji hukum Islam, tetapi juga digunakan bagi kajian politik Islam dan ekonomi Islam. Fikih dapat bersifat dinamis dan kontekstual apabila dikaji menggunakan ushul fikih, sebagai metodologi ijtihad untuk menggali ketentuan-ketentuan syariah yang ada dalam Al-Qur`an dan Sunnah Nabi dengan cara didialogkan dengan konteks kontemporer.

Liputan Terkait

Liputan Terpopuler